.sticky { position:fixed; top:5px;/* jarak dari atas*/ z-index: 100; } src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js' type='text/javascript'/>

Cara Mudah Mendaftarkan BLOG Ke Google Webmaster Tools

Mendaftarkan blog ke webmaster tools merupakan hal yang wajib perlu anda lakukan karena kegunaan google webmaster tools adalah untuk mempercepat pengindex kan blog dan artikel kita ke search engine dan juga untuk mengatur optimasi pada search engine, dengan artikel kita cepat terindex di mesin pencari google maka pengunjung akan lebih mudah mencari blog kita melalui search engine/ mesin pencari google.

Apa itu Google webmaster Tools sebuah perangkat atau alat bantu yang disediakan oleh Google dalam mengoptimalkan sebuah website atau blog yang bisa diakses tentunya apabila blog atau situs tersebut telah didaftarkan sebelumnya ke google.

Kegunaan selain dapat mempercepat pengindex kan blog! webmaster tools juga dapat membantu para pengguna webmaster tools memonitori interaksi robot search engine dengan halaman blog yang mereka miliki, sehingga dapat mempermudahkan mngetahui hasil informasi untuk mereka analisa dan juga meningkatkan kinerja blog di mata seacrh engine google.

A. Cara Mendaftarkan Blog Ke Google webmaster Tools
Mungkin dengan begitu anda ingin mendaftarkan blog anda ke google webmaster tools, tenang saja saya akan memberikan tutorialnya dengan lengkap agar andad bisa melakukan tutor ini dengan mudah dan cepat, simak berikut dibawah ini dengan seksama jangan sampai ketinggalan.

Langkah-langkah Mendaftarkan Blog Ke Google webmaster Tools
1. Pertama anda masuk kehalaman Pendaftaran Google Webmaster Tools, Selanjutnya cari dan juga tekan tombol "Sign in to Search Console" Kemudian login dengan akun gmail anda.

2. Jika sudah login maka akan terlihat tampilan seperti gambar dibawah ini, selanjutnya masukan alamat blog anda atau situs anda kedalam kolom seperti gambar dibawah ini.
Welcome to Search Console
Jika sudah memasukan alamat blog anda kedalam kotak no 1 diatas, kemudian tekan tombol "ADD PROPERTY"

3. Kemudian anda akan terbawa kehalaman webmaster tools, dan kemudian anda cari tulisan "Verification Details" yang terdapat pada gambar roda gigi yang berada pada pojok kanan atas, untuk lebih jelasnnya seperti gambar dibawah ini.
Google webmaster Tools
4. Jika sudah anda menekan tombol "Verification Details" Maka anda akan terbawa kehalaman verifikasi kode , dan selanjutnya cari tulisan "Verify using a different method" dan kemudian anda tekan, dan pilih metode " HTML TAG" maka akan muncul kode seperti pada gambar dibawah ini.
Kode Webmaster Tools
B. Cara Meletakan Kode Webmaster Tools di Template
Setelah anda sudah mensumbit blog anda ke webmaster tools hal selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu menempatkan kode webmaster tools ke dalam template blog anda yang sudah didaftarkan, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini dengan cermat.

1. Pertama masuklah ke blog anda 

2. Selanjutnya jika sudah masuk kedalam blog anda, silahkan pilih menu template lalu klik EDIT HTML maka akan muncul kode-kode template anda.

3. Lalu klik pada kode template terus tekan tombol CTRL + F maka akan muncul fasilitas menu pencarian atau seperti pada gambar dibawah ini.
Template Blog
4. Tempatkanlah kode webmaster tools dibawah kode <head> atau ingin lebih jelasnya seperti pada gambar diatas.

5. Jika sudah diletakan silahkan jangan lupa tekan tombol "Simpan Template" untuk menyimpan kode tersebut.

Kemudian silahkan anda kembali ke halaman google webmaster tools yang seperti pada gambar nomor 4, jika sudah silahkan tekan tombol "Verify" kegunaan untuk memverifikasikan blog anda ke Google webmaster Tools.
Baca ini juga : Cara Mempercepat Index Google Untuk Blog
C. Cara Sumbit Sitemap di Google webmaster Tools
Jika sudah melakukan verifikasi blog anda ke google webmaster tools hal selanjutnya yaitu mensumbit sitemap blog kedalam google webmaster tools, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mensumbit sitemap.

1. Masuklah ke halaman google webmaster tools, gunakan akun yang telah didaftarkan ke webmaster tools.

2. Jika sudah masuk, silahkan pilih blog yang ingin disumbit ke google webmaster tools,selanjutnya pilih  menu Crawl yang terdapat pada menu sebelah kiri, kemudian pilih menu Sitemaps.

3. Maka selanjutnya anda cari dan tekan tombol ADD/TEST SITEMAP, kemudian masukan sitemap.xml lalu jika sudah tekan tombol Sumbit Sitemap yang bewarna biru.
Sumbit Sitemap
Kesimpulan
Lakukanlah sumbit sitemap jika setiap anda update artikel, agar artikel anda yang baru saja dibuat cepat terindex di mesin pencari google.

Demikian artikel mengenai Cara Mendaftarkan/Verifikasi Blog Ke Google Webmaster Tools semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua, Terima Kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mudah Mendaftarkan BLOG Ke Google Webmaster Tools"

Post a Comment

Silakan anda berkomentar sesuai dengan isi topik diatas, jika ada yang berkomentar mengandung SARA dan komentar menggunakan Link Aktif Tidak akan ditampilkan!