.sticky { position:fixed; top:5px;/* jarak dari atas*/ z-index: 100; } src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js' type='text/javascript'/>

Cara Membuat BLOG Mudah Gratis di Blogspot

Sekarang saya akan membahas mengenai cara membuat blog di blogspot, mungkin anda yang membaca blog ini baru akan terjun ke dunia blogging tetapi gak semuanya kan. Nah kalau begitu tenang saja saya akan memberikan tutorialnya dengan mudah agar untuk disimaknya mudah.

Membuat blog itu sebenarnya gak sulit kok kita hanya perlu memakan waktu beberapa menit untuk mengikuti langkah-langkah yang saya berikan kepada anda, banyak sekali layanan di internet yang dapat anda gunakan untuk membuat sebuah blog dengan gratis.

Contoh layanan yang dapat anda gunakan untuk membuat sebuah blog dengan gratis seperti diantaranya blogspot.com, wordpress.com, mywaplog dll. tetapi layanan yang paling digemari oleh orang diseluruh dunia yaitu blogger.com/ blogspot.com karena layanan tersebut milik perusahaan raksasa yaitu Google.

Perlu anda ketahui sekarang banyak orang yang ingin terjun ke dunia blogging karena mereka ingin bisa mendapatkan penghasilan dari blogging, karena blogging juga dapat menjadikan sebagai pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan, tetapi biasanya yang terjun ke dunia blogging rata-rata masih muda atau juga masih mahasiswa, terbukti sudah banyak yang sukses gara-gara blogging doang.

Seperti mas eka lesmana yang mulai terjun ngeblog lulus smp sekarang dia sudah mendapatkan penghasilan yang tinggi atau sekitar ratusan juta rupiah perbulan, mas eka dapat uang segitu karena kerja kerasnya di dunia blogging tanpa menyerah jadinya dia bisa mendapatkan penghasilan segitu.

Cara Membuat Blog di blogspot
Nah kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat blog dengan mudah, tetapi tutor yang saya berikan adalah menggunakan layanan blogspot karena banyak peminat yang ingin terjun ke dalam dunia blogging menggunakan layanan blogspot, karena cara menggunakannya sangat mudah, sehingga banyak orang yang ingin menggunakan layanan ini.

1. Pertama anda harus memiliki sebuah email tetapi harus menggunakan gmail karena selain gmail tidak bisa untuk membuat blog di blogspot, jika anda belum mempunyai email tenang saja saya sudah membuat artikel mengenai cara membuat email atau anda bisa kunjungi cara membuat email di gmail .

2. Jika anda sudah memiliki email, silahkan langkah selanjutnya yaitu anda masuk ke situs blogger.com dan tunggu beberapa detik untuk memproses menuju halaman blogger.

3. Jika anda sudah selesai menunggu proses ke halaman layanan blogger, maka anda akan disajikan tampilan  halaman utama di blogger kemudian silakan masukan email anda dan jangan lupa juga memasukan passwordnya, untuk lebih jelasnya anda bisa lihat gambar dibawah ini.
Tampilan layanan Blogger
Jika anda sudah login maka akan terlihat tampilan dasbor blogger atau seperti pada gambar dibawah ini.
Tampilan dasbor blog
4. Selanjutnya anda tinggal tekan tombol Blog Baru seperti yang sudah saya tandai bewarna merah diatas, jika sudah menekan tombol tersebut maka ada tampilan seperti gambar dibawah ini.
Pengisian Nama Blog
Cara pengisian data untuk membuat sebuah blog

a. Judul : Berarti anda disuruh memasukan judul sesuai keinginan anda tetapi harus sesuai dengan niche blog.

b. Alamat : Masukan alamat blog anda tetapi harus sama dengan judul yang anda masukan selain itu jangan memasukan alamat dengan blogspot.com nanti gak jadi, jika alamat yang anda masukan benar maka ada tanda centang yang berada disebelah kanan, atau seperti pada gambar di atas.

c. Template : Silahkan pilihlah template yang anda suka, nanti jika blog sudah jadi anda bisa mengganti template yang lain atau juga anda bisa download untuk persiapan Template Responsive

Jika pengisian alamat sudah selesai silahkan anda tinggal tekan Tombol " Buat Blog" jika sudah menekan maka blog baru anda akan muncul dihalaman dasbor blog, atau seperti gambar dibawah ini.
Blog sudah jadi
Nah jika anda sudah sampai pada langkah diatas berati anda sudah selesai dalam membuat sebuah blog, hal yang selanjutnya yaitu mengenal tenatng menu-menu yang berada pada dasbor blog.

Mengenal Menu-Menu Dasbor Blogspot
Blog anda sudah jadi!! hal yang selanjutnya yaitu mengenal menu-menu dasbor mungkin diantara kalian pasti ada yang belum tahu mengenai menu-menu yang tersedia di dasbor blogger, karena dengan begitu dengan mengenal menu-menu yang berada di dasbor akan memudahkan anda menggunakan blogger, maka simak berikut dibawah ini.
Menu Statistik
a. Tombol Entry : Tombol ini digunakan untuk membuat sebuah artikel atau juga bisa digunakan untuk mengedit artikel yang anda buat.

b. Ikhtisar : Menu yang digunakan untuk melihat jumlah pageview blog anda atau juga yang lain untuk melihat jumlah komentar blog anda dan juga jumlah pengikut blog.

c. Pos : Menu yang digunakan untuk melihat daftar artikel anda sealin itu juga dapat digunakan untuk menghapus artikel anda yang gak cocok menurut anda.

d. Laman : Menu laman ini digunakan untuk membuat halaman statis seperti untuk membuat ABOUT , Disclaimer ,Sitemap dll tetapi ini jangan di indexkan di mesin pencari.

e. Komentar : Menu ini untuk melihat jumlah komentar pada blog anda atau juga menghapus dan mempublikasikan komentar yang menurut anda tidak mengandung sara ataupun spam.

f. Google + : yaitu menu yang digunakan untuk mengelola integrasi dengan google + yang berada pada blog anda.

g.  Statistik :  Untuk melihat statistik pengunjung blog anda seperti sumber lalu lintas dan Pemirsa

h. Kampanye : menu ini digunakan untuk mempromosikan blog anda dengan google tetapi ini berbayar.

i. Tata Letak : Fasilitas ini digunakan untuk mengelola tampilan blog anda seperti anda memasang widget pada blog anda.

j. Template : Menu ini digunakan untuk mengganti Template dengan mode bahasa HTML jika anda maksud bisa membuat sendiri kalau tidak maksud palingan download aja di internet juga banyak kok.

k. Setelan : menu ini diganakan untuk mengatur tenatng keamana, mengganti domain, memamsang robot.txt pada blog anda.

Jika anda sudah memahami tentang menu-menu dasbor pada blog, sekarang ada lagi hal yang perlu anda ketahui seperi dibawah ini.

Cara Membuat Artikel Pada Blog
Jika anda memiliki blog anda diharuskan membuat artikel karena blog itu digunakan untuk sebagai media berbagi informasi, karena artikel lah yang dapat blog anda menjadikan sukses tergantung juga dengan isi blog anda.

Silakan ikuti langkah-langkah untuk membuat artikel sebagai berikut :

a. Pertama masuklah ke blog anda

b. Jika sudah login silakan pilih blog anda kemudian cari tombol Entry Baru jika ketemu klik saja maka tampilan akan seperti pada gambar dibawah ini.
Tampilan Menu Entry Baru
c. Jika sudah buatlah artikel sesuai niche blog anda, tetapi dalam membuat artikel buatlah artikel yang memiliki jumlah kata 1000 kata karena biar artikel anda bisa masuk di halaman pertama search engine sehingga banya orang yang mengunjungi artikel anda.

d. Jika sudah membuat artikel silakan klik publikasikan maka artikel anda sudah diterbitkan tetapi tidak langsung ke index di mesin pencari. atau anda jika anda ingin mempercepat artikel anda keindex di mesin pencari anda bisa kunjungi artikel dibawah ini.
Baca ini : Cara mempercepat Index Google Pada Blog
Cara LogOut Halaman Blogger
Setelah anda telah selesai dalam membuat blog pastinya anda ingin keluar dari halaman blogger, karena jika lupa tidak melogout akun blogger anda, bisa-bisa akun anda dicui oleh orang lain apanila anda Login akun blogger di warnet, untuk itu jika anda ingin akun anda aman maka silahkan anda logout, pertama anda bisa masuk dihalaman apapun tetapi di blogger jika sudah cari gambar profil anda yang terdapat pada pojok kanan atas jika ketemu silahkan diklik maka akan muncul profil anda silahkan klik Tombol "Keluar" kegunaan untuk melogout akun blogger anda, jika ingin lebih detailnya anda bisa lihat gambar dibawah ini.
Cara Logout Halaman Akun Blogger
 Demikian semoga ini dapat bermanfaat untuk kalian semua kususnya yang masih pemula yang ingin terjun ke dalam dunia blogging.

Postingan terkait:

32 Tanggapan untuk "Cara Membuat BLOG Mudah Gratis di Blogspot "

  1. cari url yang pas itu loh yang susah

    ReplyDelete
  2. Mantep infonya gan, lumayan untuk pemula yg blm tau cara buat blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang untuk pemula yang belum memiliki blog.

      Delete
  3. waah bagus nih artikelnya manfaat banget gan

    ReplyDelete
  4. sip gan berguna bagi newbie kayak saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga masih newbie, malahan lebih baik agan.

      Delete
  5. wah kebetulan ada tugas sekolah bikin blog , ternyata mudah ya

    ReplyDelete
  6. memang mudah membuat blog tapi kalo mempupulerkan sebuah blog susahnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu iya benar, mempopulerkannya yang sangat susah, tapi bisa kita lakukan kok, cuma kita hanya membutuhkan waktu bertahun-tahun dan juga harus rajin posting dan blogwalking dijamin nanti populer sendiri.

      Delete
  7. wah, saya coba praktikin deh nanti.. ternyata gampang banget ya..

    ReplyDelete
  8. Bkin blog ada susa ada mudahnya.
    Yang penting semangatnya itu.
    Keep posting info2 bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan, terima kasih ya sudah berkunjung.

      Delete
  9. Wah ternyata Mudah banget ya buat blog
    Makasi info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang mudah gan saya cuma butuh beberapa menit saja.

      Delete
  10. cara munculin kembali menu komentar gimana gan.. menu komentar ane ilang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa lakukan setting di setelan blogger.

      Delete
  11. bagus untuk yang pemula-pemula.. soalnya banyak banget fiturnya @_@

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang gan , blogspot mudah untuk digunakan , memang diperuntukan untuk pemula.

      Delete
  12. Replies
    1. Hehe iya gan, terima kasih ya sudah berkunjung.

      Delete
  13. oh, gitu toh cara buat blog, ternyata mudah ya..

    ReplyDelete
  14. Mantap infonya. Sekarang ada blog baru nih namanya Wagomu

    ReplyDelete

Silakan anda berkomentar sesuai dengan isi topik diatas, jika ada yang berkomentar mengandung SARA dan komentar menggunakan Link Aktif Tidak akan ditampilkan!