.sticky { position:fixed; top:5px;/* jarak dari atas*/ z-index: 100; } src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js' type='text/javascript'/>

Cara Setting Custom Permalink Blogspot Agar SEO

Halo sobat blogger pada kesempatan kali saya akan membahas mengenai cara setting costum permalink blogspot, mungkin para blogger yang khususnya master sudah tahu mengenai costum permalink dan juga cara setting costum permalinknya, tetapi mungkin di antara pembaca blog ini ada yang belum tahu mengenai, Apa itu permalink sehingga saya akan menjelaskan terlebih dahulu agar para newbie tahu mengenai hal tersebut.

Apa sih yang dimaksud dengan permalink? permalink itu merupakan sebuah kependekan permanent link atau juga yang disebut dengan tautan permanent link pada sebuah blog, yaitu Link url yang terdapat pada blog yang bersifat permanen yang berfungsi untuk memudahkan para pengguna internet untuk mencari sebuah web artikel yang mereka inginkan.


Selain itu link merupakan URL juga yang memiliki sebuah kepanjangan (Unifrom Resource Locator) yang bersifat permanen ketika kita mempublikasikan sebuah artikel, URL itu tidak bisa diganti, Kenapa Mas? karena jika anda mengganti URL pada sebuah artikel yang terdapat pada blog anda nati kalau sudah terindex di mesin pencari bisa dianggap URL baru oleh google.

Contoh Permalink Blogspot
Perlu anda tahu permalink pada blogspot itu biasanya kalau anda tidak mengeditnya itu otomatis menyesuakan dengan judul artikel yang ingin anda buat contohnya kalaua anda membuat artikel dengan judul "cara membuat blog dengan mudah dan simple" nanti permalink akan otomatis menyesuaikan URL yaitu contoh http://entremember.blogspot.com/2015/12/cara-membuat-blog-dengan-mud.html nah bagaimana urlnya jelek kan kalau anda setting sendiri lebih bagus dan juga lebih mudah untuk dihafal, tetapi kalau anda ingin setting sendiri jangan lupa menggunakan tanda ( - ) pada permalinknya seperti contoh diatas.

Manfaat Mensetting Permalink Pada Blog

Nah ada manfaatnya juga kalau anda mensetting permalink pada blog, seperti diataranya dibawah ini :

a. Membuat URL Artikel Jadi Lebih Pendek

Menurut pakar SEO kalau memiliki permalink yang pendek itu dapat membuat blog tersebut menjadi lebih SEO Friendly dan hal tersebut merupakan sama saja anda melakukan Optimasi SEO Onpage, dan juga membuat blog anda lebih baik.
Baca ini Juga : Cara Menghilangkan Tanggal Posting Blog
Untuk itu jika anda ingin memodifikasi permalink di haruskan anda harus terdiri atas 3 atau 4 suku kata karena itu merupakan yang terbaik pada blog, menurut pakar SEO seperti Matt Cutts. karena jika anda tidak memodifikasinya nati bakalan URL artikel anda jadi panjang dan juga jadinya blog anda tidak lebih SEO.

b. Agar Mudah Dihafal Pembaca

Mungkin blog anda memiliki artikel yang bagus dan juga itu membuat para pembaca blog anda jadi betah berada di blog anda tetapi pembaca menenmukan blog anda secara kebetulan nah terus pada saat pembaca ingin kembali ke berada artikel pada blog anda, malahan pengunjung lupa Link URL artikel anda dan juga lupa URL blog anda.

Karena pembaca sudah lama gak berkunjung ke blog anda, nah sehingga blog anda berkurang deh jumlah pengunjungnya walaupun hanya beberapa orang tetapi itu merupakan hal yang baik karena pembaca setia lebih baik dibanding pembaca cuma sekedar berkunjung tetapi gak membaca artikelnya. maka dari itu modifikasikan permalink artikel blog anda biar pembaca blog anda tidak lupa dengan url artikelnya.


Cara Mensetting Permalink pada blogspot
Memodifkasikan permalink memang merupakan hal yang cukup mudah kok, karena kita hanya perlu login dan masuk ke dasbor selanjutnya mengganti permalink sesuai keinginan anda dan jadi deh. Untuk lebih jelasnya anda bisa ikuti Tutorial dibawah ini dengan seksama.

Untuk mensetting permalink ikuti langkah-langkah dibawah ini.


a. Pertama masuklah Login akun blogger anda jangan pake akun orang lain nanti dimarahin loh hehe.

Masukan Akun Blogger Anda
b. Selanjutnya masuklah kedalam dasboard dan pilih menu post selanjutnya anda klik salah satu artikel yang belum anda publikasikan dan kemudian cari menu setelan entri dan kemudian Tautan Permanen. atau lebih jelasnya seperti gambar dibawah ini.
Menu memodifikasi Permalink
c. Jika anda sudah menemukan menu " Tautan Permanen" seperti gambar diatas, silahkan masukan link struktur permalink sesuai dengan keingianan anda tetapi harus mengandung kata kunci, dan juga menggunakan tanda ( - ) karena tanda tersebut diganakan untuk sebagai tanda pemisah pada kata permalink selain itu juga jangan terlalu panjang permalinknya nanti percuma gak seo friendly.

d. Jika semuanya sudah selesai lalu tekan tombol " Selesai" maka jadilah permalink anda yang SEO Friendly.

Mungkin selain itu anda juga bertanya-tanya mengenai apa bisa menghilangkan tahun pada url artikel blog? Tanggal pada url blog itu tidak bisa diganti atau juga di hilangkan karena blogspot belum menyediakan tentang mensetting tahun pada url permalink, menurut saya lebih baik ada tahunnya karena untuk melihat kapan artikel tersebut di publikasikan jika blog tersebut tidak ada tanggalnya di artikelnya.

Demikian semoga bagi master ini dapat menjadikan referensi untuk anda, dan juga bagi pemula semoga bisa menjadi  bermanfaat atau juga dapat menambah ilmu tenatng blogging, sehingga kita semua bisa menjadi blogger yang baik dan berguna bagi pembaca di indonesia.

Postingan terkait:

31 Tanggapan untuk "Cara Setting Custom Permalink Blogspot Agar SEO"

  1. bagus tuh gan tips nya jangan lupa y kunjungi blogsaya di Apkhip.blogspot.com trim

    ReplyDelete
  2. mudah sekali ya gan..makasih infonya

    ReplyDelete
  3. wah bermanfaat nih gan buat saya yang masih newbie.. makasih ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan, silakan baca artikel lainnya yang berada di blog ini gan.

      Delete
  4. kalo yang udah terlanjur ke publish gimana ya cara rubah nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo udah terlanjur di publikasikan ya udah gak bisa di setting lagi :)

      Delete
  5. oh gitu toh..ane cari-cari dari kemaren gk ketemu2..makasih ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama, terima kasih juga sudah berkomentar.

      Delete
  6. ini artikel yang ane cari akhirnya ketemu juga, makasih gan

    ReplyDelete
  7. Mantab boss tutorialnya untuk menambah pengetahuan saya tentang SEO.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ilmu agan semakin banyak tenatng SEO hehe.

      Delete
  8. Bener gan, untuk url tadi itu, blog saya udah otomatis tersusun dengan huruf gak angka lagi kok :) thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending lebih baik disetting secara manual aja gan biar lebih SEO Banget.

      Delete
  9. artikelnya bagus gan sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  10. Wah bermanfaat sekali gan Artikelnya...

    ReplyDelete
  11. ane lagi belajar seo
    dan ini tutor yang sangat bermanfaat buat saya
    thanx gan

    ReplyDelete
  12. jadi intinya permalink lebih baik dibuat sesingkat mungkin ya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya palingan cuma 3 atau 4 kata aja, yang pastinya harus mengandung kata kunci yang anda bidik.

      Delete
  13. kalau gk salah itu sangat berpengaruh dari segi serp ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang gan, bisa artikel kita berada di halaman pertama.

      Delete
  14. Terima kasih gan,sangat mudah di praktekan

    ReplyDelete
  15. wah keren nih artik nya,,, nice deh,,, makasih udah share dan berbagi,, jangan lupa komen back nya di ronalsf.blogspot.com

    ReplyDelete
  16. wah berarti selama ini ane salah gan :D
    terima kasih infonya gan biar ane perbaiki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan, Silakan diperbaikan gan mungkin nanti jadi tambah SEO blog agan.

      Delete
  17. Replies
    1. Silahkan gan semoga berhasil sesuai rencana.

      Delete

Silakan anda berkomentar sesuai dengan isi topik diatas, jika ada yang berkomentar mengandung SARA dan komentar menggunakan Link Aktif Tidak akan ditampilkan!