.sticky { position:fixed; top:5px;/* jarak dari atas*/ z-index: 100; } src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js' type='text/javascript'/>

3 Cara Mengetahui Jumlah Backlink Pada Blog

Backlink itu sangat berperan terhadap sebuah blog kita semakin banyak backlink akan semakin baik pada blog kita, karena backlink itu berguna untuk menentukan sebuah rank pada mesin pencari google untuk artikel kita, jika artikel anda berada diposisi pertama di mesin pencari google pasti blog anda akan mendapatkan visitor organik, perlu anda tahu google sangat menyukai blog yang memiliki pengunjung yang berasal dari mesin pencari google dan juga dapat mempercepat index ke google blog anda.

Jika anda ingin membangun sebuah backlink untuk blog anda memang tidaklah mudah untuk melakukannya kita hanya perlu waktu dan kerja keras, mencari backlink anda jangan terlalu banyak karena nati bisa dianggap spam oleh google atau juga anda bisa terkena pinalty, mungkin jika anda ingin mencari backlink sebaiknya anda mencarinya 10 backlink saja untuk sehari tetapi harus berkualitas dan natural.

Sebelumnya saya akan menjelaskan dahulu mengenai apa itu backlink? Backlink adalah suatu teks atau gambar yang berada pada situs lain dan mengandung link url aktif yang menuju ke situs kita. Sampai saat ini backlink diyakini masih memiliki peran penting yang harus dimiliki oleh suatu website, karena menurut pendapat para ahli SEO, ukuran kualitas maupun jumlah backlink akan mempengaruhi popularitas sebuah situs di internet.

Cara Mengetahui Jumlah Backlink Pada Blog
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikel mengenai cara mengetahui jumlah backlink pada sebuah blog, mungkin diantara kalian masih ada yang belum tahu cara mengetahui jumlah backlink? Tenang saja saya akan memberikan caranya biar anda gak bingung, cara yang saya berikan cukup mudah kok.

Kita hanya perlu menggunakan Tools untuk mengeceknya, Tool ini sangat banyak tersedia di internet tetapi saya hanya memberikan tool yang cukup mudah untuk digunakan kalian untuk mengetahui jumlah backlink, simak berikut dibawah ini.

#1. Menggunakan Google Webmaster Tools
Google Webmaster Tools adalah fitur dan fasilitas yang diberikan oleh Google untuk mempermudah dalam penggunaan Situs dalam ruang lingkup Mesin Pencari atau Search Engine. Dengan Google Webmaster Tools, kita bisa mengamati tentang pergerakan dan aktifitas Situs kita dalam mesin pencari.

Selain itu google webmaster dapat anda gunakan untuk melakukan salah satu fasilitas untuk mengetahui apakah artikel anda sudah ke index di mesin pencari atau juga belum keindex, anda dapat melakukan sumbit sitemap di webmaster tools agar cepat terindex blog anda di mesin pencari google.


Google webmaster ini juga dapat untuk melihat jumlah backlink yang berada pada blog anda, fitur ini mungkin merupakan paling cocok untuk anda gunakan karena pemiliki webmaster tools ini adalah miliki google sudah tidak diragukan lagi jika untuk mengetahui jumlah backlink.


Untuk mengetahui jumlah backlink dengan fasilitas google webmaster tools cukup mudah kok, ikuti langkah-langkah yang terapkan berikut dibawah ini jangan sampai ketinggalan ya nati jadinya anda bingung.


a. Pertama-tama anda login dulu kehalaman google webmaster tools ,kemudian pilih blog yang ingin mengetahui jumlah backlinknya.

b. Selanjutnya pada bilah sebelah kiri kan ada menu webmaster, anda pilih menu Search Traffic lalu kemudian pilihlah submenu Link To Your Site , maka anda akan terbawa otomatis ke halaman jumlah informasi tentang backlink atau anda bisa lihat seperti gambar dibawah ini.
Google Webmaster Tools
Nah itulah cara mengetahui jumlah backlink dengan menggunakan webmaster tools, eits tunggu dulu jangan langsung dipraktekan, masih ada cara lain untuk mengetahui jumlah backlink simak berikut dibawah ini dengan cermat.

#2. Menggunakan Tools (webmeup.com)
Tools ini memang sangat mudah untuk digunakan mengetahui jumlah backlink, Selain itu Tools ini banyak yang menggunakannya jadi tidak diragukan lagi dong.

Cara menggunakannya cukup mudah kita hanya perlu menulis url blog yang ingin di cek jumlah backlinknya sehingga anda bisa mengehmat waktu billing dong, bagi yang ngeblog di warnet hehe.

Simak berikut dibawah ini jika anda ingin menggunakan tools ini :

a. Pertama-tama silakan anda msuk ke situs webmeup.com jika sudah nanti anda akan mendapatkan tampilan seperti gambar dibawah ini.
Webmeup.com
b. Kemudian anda silakan masukan URL blog anda yang ingin lihat jumlah backlinknya kedalam kotak seperti gambar diatas tetapi URLnya harus menggunakan domain, jika sudah kemudian tekan tombol Check backlinks, kemudian anda hanya perlu menunggu beberapa detik untuk memprosesnya.

Maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini.
Jumlah Backlinknya
Nah itulah caranya untuk mengetahui jumlah backlink dengan menggunakan tools webmeup mudah kan, silakan mungkin anda dapat menggunakan tools ini.
Baca ini juga : Cara menghilangkan Tanggal Artikel Agar SEO Friendly
#3. Menggunakan Tools OpenLinkProfiler.org
Yang ketiga ini memang banyak orang yang menggunakan tools ini,sehingga tools ini menjadi cukup populer bagi blogger karena mereka menggunakan tools ini untuk mengecek jumlah backlink, saya sendiri sering menggunakan tools ini selain webmaster tools, mungkin anda ingin mencobanya? tenang saja saya akan memberikan tutorialnya untuk ngecek jumlah backlink blog anda yang sayangi hehe.

Simak berikut dibawah ini dengan cermat ya friends.

a. Pertama silakan anda masuk ke situs openlinkprofiler.org  maka anda akan terbawa ke halaman seperti gambar dibawah ini.
Openlinkprofiler dot org
b. Selanjutnya masukan URL blog anda yang ingin anda cek backlinknya, jika sudah tekan tombol Analyze backlink, Anda tunggu beberapa detik untuk memprosesnya.

Jika sudah selesai memprosesnya maka akan ada tampilan seperti gambar dibawah ini.
Backlink blog entremember
c. Jika anda ingin melihat secara lengkap anda bisa tekan tombol filter backlink, dan jangan lupa tentukan kriteria backlink yang akan anda lihat tentang backlink.

Jika anda sudah menekan tombol Filter dengan contoh saya memilih LIS maka akan ada tampilan seperti gambar dibawah ini.
LIS Backlink
Anda akan melihat daftar backlink sesuai dengan ketentuan kriteria yang anda tentukan menyangkut LIS situs sumber pada backlink dan anchor text yang digunakan dan juga jenis backlink dofollow atau Nofollow seperti pada gambar diatas.

Bagaimana menurut anda yang gampang caranya untuk melihat jumlah backlink pada blog?

Menurut saya yang paling gampang adalah yang pertama yaitu dengan cara menggunakan webmaster tools yang sudah disediakan oleh google untuk para blogger.

Demikian semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jangan lupa membaca artikel lainnya yang berada di blog ini mungkin ada yang bisa membantu memecah masalah dalam artikel yang berada di blog ini.

Postingan terkait:

14 Tanggapan untuk "3 Cara Mengetahui Jumlah Backlink Pada Blog"

  1. Owh saya baru tau kalau kita bisa cek jumlah backlink ,oke thanks untuk pencerahannya

    ReplyDelete
  2. Izin coba pakai webmeup ya gan. Penasaran nih ama backlink gue. Hehe... Lama ga ngurusin backlink sih. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan gan mungkin backlink anda banyak banget.

      Delete
  3. Betul tuh sebagai seorang blogger wajib mengetahui jumlah backlink

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya iyalah gan , masa blogger gak tahu jumlah backlink.

      Delete
  4. backlink saya yang masih blogspot.com ada ribuan tapi yang sekarang blogspot.co.id cuma ada 2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Redirect aja jadi blogspot dot com, saya juga masih pake blogspot dot com.

      Delete
  5. tips bagus nihh,, boleh tak coba

    ReplyDelete
  6. Kok di saya tidak ada data ya gan pas pake google webmaster tool

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin blog agan belum ada backlinknya gan.

      Delete
  7. Paling akurat pake GWT kaya'e.

    ReplyDelete

Silakan anda berkomentar sesuai dengan isi topik diatas, jika ada yang berkomentar mengandung SARA dan komentar menggunakan Link Aktif Tidak akan ditampilkan!