.sticky { position:fixed; top:5px;/* jarak dari atas*/ z-index: 100; } src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js' type='text/javascript'/>

6 Penyebab Trafik Visitor/Pengunjung Blog Turun

Selamat datang di blog entremember..nama saya alfian ini postingan pertama di blog ini semoga saya dengan membuat blog ini bisa menjadi bermanfaat untuk kalian semua.

Kenapa saya membuat blog ini?


Karena saya ingin berbagi pengalaman tentang di dunia blogging karena saya sudah ngeblog selama 1 tahun,bukan berarti saya sombong loh!! selain itu anda pasti tahu? setiap hari banyak orang terjun ke dunia internet terutama menjadi seorang blogger.


Terutama bagi seorang pelajar atau mahasiswa yang banyak terjun ke dunia blogging,pasti anda yang membaca artikel ini seorang pelajar kan,hehe?  saya tidak tahu apa tujuan mereka ingin terjun menjadi seorang blogger, mungkin ada yang hanya sekedar untuk hobi dan mencari penghasilan.


Mari kita ke pembahasannya..


Traffik dalam blog itu memang sangat diperlukan dalam sebuah blog, karena trafik lah yang bisa membuat blog kita bisa menjadi populer dan terkenal, selain itu traffik blog itu bisa menjadikan sumber penghasilan dari blog, karena trafik atau pengunjung blog lah yang mengeklik iklan pada blog tsb, tetapi anda jika memiliki iklan dalam blog anda tsb.


Jika blog anda trafik turun secara drastis jangan takut.. carilah penyebabnya dan memperbaiki kesalahan tsb dengan begitu blog anda trafik kembali stabil.


Saya kan memberi tahu penyebab blog anda traffik turun secara drastis.. jadi anda tidak menjadi cemas kalau blog anda traffik blognya turun. saya juga pernah mengalamin traffik blog turun tetapi beberapa hari kemudian traffik kembali stabil tetapi bukan di blog ini.

Penyebab Trafik Visitor/Pengunjung Blog Turun
Jadi apa penyebab blog saya turun?

Ini berikut beberapa penyebab blog anda tafiknya menjadi turun, membacanya dengan telilti jangan terlewatkan nanti anda menjadi bingung membaca artikelnya dan tidak menemukan penyebabnya..


#1. Tidak Update Artikel Dengan Secara Rutin

Faktor utama ini memang menjadi penyebab blog anda trafiknya turun, memang mengupdate artikel secara rutin bisa meningkatkan traffik pada blog, kok bisa? karena pengunjung suka dengan blog yang rutin mengupdate artikel, selain itu karena dimata pengunjung dengan blog yang rutin update artikel bisa dianggap blog anda keren.

Saya pernah lihat blog sedikit artikel kok bisa traffik banyak?


Karena blog tersebut membuat artikelnya sangat baik dan berkualitas, selain itu artikel dengan memiliki banyak kata bisa membuat artikel kita berada di posisi pertama di search engine sehingga jika ada orang dengan menulis keyword artikel tsb pasti pengunjung akan memilih artikel di posisi pertama dahulu untuk di baca.


Selain dari membuat artikel banyak kata bisa berada di halaman pertama google itu juga bisa membuat pembaca blog anda menjadi puas karena apa yang dicari pembaca sudah ketemu, otomatis traffik naik dan stabil cuma dengan sedikit artikel.


Maka dari itu jika anda jarang update artikel contohnya anda updatenya 1 bulan sekali hindarilah tsb lebih baik anda membuat artikel 1 minggu sekali aja juga gak apa-apa yang penting artikel yang anda buat berkualitas dan memiliki banyak kata sehingga traffik akan kembali stabil.


Jika anda membuat artikel 1 minggu sekali jangan lupa isialah artikel dengan memiliki jumlah kata yang banyak atau sekitar 1500 kata biar lebih SEO friendly.


#2. Terlalu Sering Mengganti Template Blog

Jika anda ingin mengganti template blog berfikirlah dahulu agar blog tidak terjadi kesalahan fatal pada blog anda, saya kalau ingin mengganti template itu biasanya berfikir dalulu bisa berfikirnya selama 3 hari,

Karena kalau saya tidak berfikir dahulu sebelum mengganti template blog saya bisa merasakan kurang puas dan takutnya blog saya bisa pengunjungnya pada kabur karena templatenya jelek atau tidak responsive.


Sering menganti template blog dapat mempengaruhi peringkat suatu blog di SERPs, Sebuah template itu memang akan memberi banyak peran ketika proses crawling yang dilakukan oleh spider bot search engines, hingga pada akhirnya terlalu seringnya mengganti template akan membuat blog yang bersangkutan akan mengalami penurunan peringkat blog yang drastis, otomatis pengunjung juga turun dong.


#Rekomendasi template yang baik menurut saya.

  • SEO Friendly : Agar mempermudah pengindeks-an blog oleh mesin pencari, karena struktur template yang SEO
  • Responsive : Karena dengan menggunakan template yang responsive bisa blog anda tampil dengan sempurna di smartphone,sehingga pengunjung akan lebih mudah dan jelas untuk membaca artikel anda.
  • Loading Cepat : Memiliki blog dengan loading yang cepat agar pengunjung tidak mengeclose tab blog anda selain itu bisa meningkatkan pengunjung karena pengunjung suka dengan template yang fast loading.
Itu saja rekomendasi template yang baik menurut saya, dengan begitu jika anda menggunakanya bisa blog anda kembali traffik stabil.

#3. Karena Ada Perubahan Algoritma Google
Ada perubahan algoritma google memang bisa menjadi faktor penyebab terjadinya traffik blog turun, memang pada tahun ini google sering mengalami banyak perubahan contohnya membangun perusahaan alphabet, redirect country, fitur https di blogspot dll. 

Mungkin saja google merubah algoritmanya dengan tujuan untuk memperbaiki kesalahan pada mesin pencari google dengan begitu jika kita menulis sesuatu di mesin pencari google yang kita butuhkan pasti hasil pencariannya tidak sesuai dengan keinginan kita.

Bisa juga contohnya ada blog yang sering update artikel dan juga memiliki banyak kata tetapi di hasil pencarian google itu hilang otomatis traffik akan turun dan juga jika ada blog yang jarang update artikel tetapi hasil pencarianya di posisi pertama padahal artikelnya jelek atau sedikit kata pasti traffik akan naik itulah karena mesin pencari google sedang di perbaiki sehingga pencarian hasil di mesin pencari tidak relavan atau tidak pencarian terbaik.

Jika ada perubahan algoritma google anda harus segeralah memperbaiki blog anda contoh jika google mengupdate algoritma agar template responsive tentu kita harus mengganti template sesuai dengan algoritma google.

#4. Membuat Artikel dengan kata kunci yang musiman
Artikel musiman memang bisa mendongkrak blog anda menjadi banyak pengunjung, karena biasanya jika ada musiman pasti akan mencari artikel dengan sesuai musiman.

Contohnya jika sekarang sedang musim batu akik, pasti bagi para penggemar batu akik akan mencari artikel dengan keyword batu akik karena mereka ingin melihat contoh batu akik yang baik atau ciri-ciri batu akik yang asli biar mereka pada saat membeli batu akik tidak rugi.

Otomatis bagi yang membuat artikel yang musiman akan naik traffiknya, tetapi anda perlu tahu!! artikel musiman itu tidak akan bisa bertahan lama,karena pembahasang topik dengan kata kunci musiman akan turun seiring berjalannya waktu.

Mungkin bagi blog dengan niche gado-gado akan mengalami traffik turun karena blog gado-gado membahas tentang semua topik contohnya blog berita, bagi anda yang memiliki blog dengan niche gado-gado dan mengurusnya sendiri itu susah menurut saya, berbeda dengan blog yang membahas satu topik itu artikelnya bisa bertahan lama.

Maksudnya bertahan lama itu isi artikel yang sering menjadi kebutuhan sehari-hari contohnya artikel tentang cara menyembuhkan jerawat, pasti semua orang mengalami jerawatan kan, dengan begitu banyak orang yang mencari artikel dengan keyword tsb sampai kapanpun. berbeda dengan artikel musiman hanya orang yang mencari artikel tsb tidak selamanya kecuali jika sedang musima artikel tsb.

#5. Optimasi Blog Secara Berlebihan
Hal yang berlebihan itu tidak baik untuk kita, karena allah juga sangat tidak menyukai dengan orang yang berlebihan. Optimasi blog memang sangat wajib dilakukan oleh seorang blogger.

Karena dengan melakukan optimasi pada blog itu bisa menjadikan blog kita banyak pengunjungnya, Tetapi kalau optimasi secara berlebihan itu akan menjadikan dampak buruk pada blog kita. contohnya kita mengoptimasi blog kita tentu popularitas blog kita akan merangkak naik dan akan terus naik juga dan jika anda terus mengoptimasi blog secara berlebihan tentunya akan pipularitas blog kita akan menurun, dan akhirnya hal yang terjadi yang tida disukai orang blog kita akan terkena pinalty oleh google, otomatis blog kita akan hilang di mesin pencari google dan pengunjung akhirnya turun secara drastis.

#6. Karena Kurang Promosi Blog Anda

Faktor lain penyebab blog anda pengunjungnya turun yaitu kurang pomosi, promosi blog itu memang dapat meningkatkan jumlah pengunjung sampai beratus-ratus, tergantung promosi yang anda lakukan.

Contohnya jika anda promosi blog ke grup facebook yang anggotanya sedikit pasti tentu yang akan mengunjungi blog anda sedikit atau jarang berbeda dengan grup facebook yang memiliki anggota sampai ratusan ribu pasti yang akan mengunjungi blog anda lumayan banyak bisa sampai 300 pageview tegantung isi konten anda, jika menarik tentu banyak yang mengunjunginya.


Mungkin blog anda masih baru tentu saja pengunjung blog anda sepi atau tidak ada visitornya,jika anda mempromosi blog blog ke facebook tentu akan ada pengunjung masuk kedalam blog anda, terus jika anda sedang sibuk atau malas tidak pomosi blog ke facebook jangan beharap ada pengunjungnya banyak jika blog anda masih baru. Seperti blog saya ini entremember yang masih baru jadi pengunjungnya belum ada paling saya aja yang mengunjungi, didirikanya pada tanggal 27 oktober 2015 atau tepatnya hari Bogger Nasional Indonesia.


Nah mungkin itu penyebabnya blog anda turun ada diantara artikel itu.   


Demikian yang sudah saya sampaikan cukup segini saja artikelnya sebenarnya banyak sekali penyebab blog kita traffik turun karena saya cape menulis artikel ini jadi segini doang artikelnya, tetapi semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Postingan terkait:

10 Tanggapan untuk "6 Penyebab Trafik Visitor/Pengunjung Blog Turun"

  1. Replies
    1. Sip , Terima kasih gan sudah berkunjung :)

      Delete
  2. kalo menurut saya sih mending update konten nggak terlalu sering tapi berkualitas aja terus sama rajin - rajin promosi deh biar naik ke page 1 itu artikelnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, semakin panjang artikel semakin baik yang penting artikel harus berkualitas agar bisa mendapatkan page one di search engine.

      Delete
  3. yang penting konsistensi terhadap kualitas konten nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, artikel memang menjadi salah satu hal yang penting di dalam sebuah blog.

      Delete
  4. kalo boleh tau ko bisa blog berposting 2 ini pake google adsense apa ini juga karena pengunjung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iklan google adsense yang berada di blog ini hanya pajangan saja,saya belum mendaftar google adsense karena blog saya ini belum memenuhi syarat google adsense.

      Delete
  5. Tips bagus buat blog saya yang berantakan masih belajar :v

    ReplyDelete

Silakan anda berkomentar sesuai dengan isi topik diatas, jika ada yang berkomentar mengandung SARA dan komentar menggunakan Link Aktif Tidak akan ditampilkan!